Idgham Bi La Ghunnah

Menurut bahasa, Idgham artinya meleburkan/memasukkan dan Bi La Ghunnah artinya tanpa mendengung. Menurut istilah, artinya jika “Nun mati atau Tanwin” bertemu dengan salah satu huruf “Idgham Bi La Ghunnah” maka huruf “Nun mati atau Tanwin” dileburkan/dimasukkan ke dalam huruf ” Idgham Bi La Ghunnah” tanpa ada dengung. Huruf Idgham Bilaghunnah ada 2 yaitu : ro’ (ر) dan lam (ل).


Idgham Bi La Ghunnah

Idghom Bila Ghunnah merupakan sifat huruf “Nun Sukun”, yaitu hilang/leburnya suara “n” ketika bertemu dengan huruf  lam dan ro’. Efek dari hilangnya bunyi “n” adalah huruf lam dan ro’ menjadi bertasydid dan pembacaannya ditahan 2 ketukan. Durasi Idghom Bila Ghunnah adalah 2 ketukan yaitu pada huruf lam dan ro’. Berikut ini adalah contoh baca Idghom Bila Ghunnah :


Cara Membaca Idghom Bila Ghunnah:


Pada ketukan ke-1 kita mengucapkan ‘mil’. Pertahankan posisi lidah pada bunyi ‘l’ hingga ketukan ke-3 saat kita mengucapkan ‘la’. Bunyi ‘l’ dari ketukan ke-2 hingga ketukan ke-3 tidak boleh terputus. Bunyi ‘l’ ditahan 2 ketukan. Itulah yang disebut dengan bacaan Idghom Bila Ghunnah. Bunyi ‘n’ pada kata ‘min’ menghilang. Oleh karena itu, ketika mengucapkan ‘mi’ langsung disambungkan dengan bunyi ‘l’ sehingga menjadi bunyi ‘mil’.




Pada ketukan ke-6 kita mengucapkan ‘tir’. Pertahankan posisi lidah pada bunyi ‘r’ hingga ketukan ke-8 saat anda mengucapkan ‘ro’. Bunyi ‘r’ dari ketukan ke-7 hingga ketukan ke-8 tidak boleh terputus. Bunyi ‘r’ ditahan 2 ketukan. Itulah yang disebut dengan bacaan Idghom Bila Ghunnah. Bunyi ‘n’ pada kata ‘tin’ menghilang. Karena itu, ketika mengucapkan ‘ti’ langsung disambungkan dengan bunyi ‘r’ sehingga menjadi bunyi ‘tir’.