Fakta-Fakta Unik Seputar Ramadan di Seluruh Dunia


Dalam hitungan hari, umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan penuh berkah yaitu bulan suci Ramadan. Tidak hanya Indonesia, ternyata ada beberapa negara yang melaksanakan bulan puasa dengan cara-cara yang unik sesuai dengan kebudayaan masing-masing. Mulai dari urusan makanan, hingga menyangkut pernak-pernik Ramadan yang biasanya akan menghiasi setiap penjuru kota.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber berikut sejumlah fakta unik Ramadan di seluruh dunia yang mungkin belum Anda ketahui. 

Indonesia

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia memiliki sejumlah tradisi unik selama bulan Ramadan berlangsung. Salah satu keunikannya adalah kemunculan pedagang-pedagang takjil dadakan yang menghiasi hampir di sepanjang jalan raya. Sambil menunggu tarawih, anak-anak maupun orang dewasa biasanya akan mengisi waktu dengan bermain kembang api atau petasan. Selain itu, para murid sekolah di Indonesia biasanya akan diberi tugas mencatat ceramah yang diberikan para ustadz sebelum shalat tarawih dilaksanakan. Mereka juga diwajibkan meminta tanda tangan dan stempel dari pihak masjid sebagai bukti keikutsertaan.

Saudi Arabia

Selain Indonesia, Saudi Arabia menjadi salah satu negara yang menyambut datangnya bulan Ramadhan secara besar-besaran. Hal ini ditandai dengan membludaknya jamaah yang datang ke Masjidil Haram, dan bahkan jumlahnya digadang-gadang lebih banyak dibandingkan musim haji. Untuk urusan makanan, negara ini juga memiliki tradisi unik. Menjelang momen berbuka puasa, akan disediakan lebih dari 12.000 meter taplak meja yang digunakan untuk menyajikan hidangan berbuka puasa bagi para jamaah di Masjidil haram. Kabarnya, pemerintah Arab Saudi dan para donatur menggelontorkan dana hingga Rp1,2 miliar setiap hari untuk menyediakan makanan tersebut.

Rusia

Dibandingkan negara-negara lainnya, umat Muslim di Rusia menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 17 jam setiap hari. Tapi jangan salah, mereka tetap antusias menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Salah satunya dengan mengadakan berbagai bazar yang menjajakan benda-benda berbau Muslim, serta makanan untuk berbuka puasa.

Turki

Turki juga memiliki tradisi unik saat bulan Ramadan. Hampir semua restoran di negara tersebut menawarkan menu hidangan yang sama untuk berbuka puasa. Menu ini dikenal dengan nama “Iftariye”, yang terdiri dari kurma, zaitun, keju, pastirma, sujuk, roti pide, dan berbagai kue-kue lezat (borek). Euphoria Ramadhan di Turki dapat dikatan sama seperti di Indonesia. Setiap jalan dan masjid yang ada di negara tersebut akan dihiasi lampu-lampu khas Ramadhan Timur Tengah.